Team kami siap menjawab pertanyaan anda.
0877 8559 8639, 0813 8227 0010 E-mail : info@suryatourtrans.com

Login

Daftar

Setelah membuat akun, Anda akan dapat melacak status pembayaran Anda, melacak konfirmasi dan Anda juga dapat menilai tur setelah Anda menyelesaikan tur.
Username*
Password*
Konfirmasi sandi*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
Telepon*
Negara*
* Membuat akun berarti Anda setuju dengan kami Ketentuan Layanan and Pernyataan Privasi.

Sudah Member?

Login
0877 8559 8639, 0813 8227 0010 E-mail : info@suryatourtrans.com

Login

Daftar

Setelah membuat akun, Anda akan dapat melacak status pembayaran Anda, melacak konfirmasi dan Anda juga dapat menilai tur setelah Anda menyelesaikan tur.
Username*
Password*
Konfirmasi sandi*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
Telepon*
Negara*
* Membuat akun berarti Anda setuju dengan kami Ketentuan Layanan and Pernyataan Privasi.

Sudah Member?

Login

Wisata Guci Paket Wisata Komplit Wisata Dataran Tinggi

Wisata Guci Paket Wisata Komplit Wisata Dataran Tinggi

Paket Wisata Guci menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan Tropis. Hal itu mulai dapat dirasakan pengunjung sejak masih dalam perjalanan. Pemandangan khas berupa Hamparan sawah, kebun strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus, ditambah suhu sejuk, benar benar khas objek wisata dataran tinggi.

Di lokasi wisata guci Tegal, selain berendam di pemandian, pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah lokasi wisata itu. Air sungai tersebut juga air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam, sebab sumber airnya sama.



Sejarah Lokasi Wisata Guci Tegal

Pemandian pemandian air hangat Guci resmi dibuka pada tahun 1974. Asal usul tempat pemandian air panas Guci dimulai dari beberapa pihak terkait melakukan penelitian terkait keberadaan sumber air baru di wilayah ini.

Setelah memang terbukti aman, barulah pada tahun 2015 pemandian Guci dibuka bagi umum. Saat belum populer seperti sekarang, hanya masyarakat sekitar memanfaatkan pemandian tersebut. Dahulu belum ada pancuran-pancuran seperti sekarang, beberapa pengunjung masih menggunakan sumber air panas berada di dibawah gua.

Taman Wisata Guci

Pilihan lain yang saying dilewatkan saat berkunjung ke kawasan Gunung Merapi adalah bunker Kaliadem. Bunker perlindungan bawah tanah ini dahulunya sempat difungsikan masyarakat sekitar untuk melindungi diri dari awan panas saat gungun meletus. Bunker tersebut sempat tertutup oleh timbunan material Gunung Merapi setebal empat meter selama tiga tahun. Ketika perjalanan menuju Bunker Merapi, pengunjung akan disajikan kisah-kisah pilu yang berkaitan dengan Bunker Kaliadem dari penuturan sang pemandu wisata. Di bunker Kaliadem terdapat pintu utama yang terbuat dari baja kurang lebih setebal 15 cm. Di tempat ini wisatawan dapat mengabadikan moment di spot foto yang telah disediakan, serta menikmati panorama Gunung Merapi secara dekat.

Misteri Wisata Guci

Sejarah nama Guci berasal dari zaman Walisongo. Untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah bagian barat, khususnya di sekitar Tegal, diutuslah seorang wali. Wali tersebut dibekali air yang ditempatkan di dalam sebuah guci atau poci.

Masyarakat percaya bahwa air dalam guci tersebut bisa berkhasiat sehingga berbondong-bondong meminta kepada sang wali. Namun karena jumlah air tersebut jumlahnya terbatas, sedangkan masyarakat yang memintanya begitu banyak, maka sang wali kemudian menancapkan tongkatnya ke tanah. Ketika tongkatnya dicabut, secara ajaib dari lubang bekas tongkat ditancapkan mengalir air panas.

Air panas tersebut sampai kini masih mengalir dan dimanfaatkan masyarakat menjadi pemandian. Lalu, tempat tersebut kemudian terkenal dengan nama Guci. Peristiwa tersebut konon terjadi tengah malam saat Malam Jumat Kliwon. Sehingga, sampai hari ini pada malam Jumat Kliwon masih banyak masyarakat datang ke Guci untuk berendam. Mereka percaya, jika melakukan hal tersebut hajat mereka akan terkabul.

Hal Menarik di Wisata Air Panas Guci Tegal

Ada banyak hal menarik yang bisa dikunjungi maupun lakukan di objek wisata guci tegal ini. Mulai dari kegiatan menyenangkan seperti bermain air di water boom mini, berendam air panas menyehatkan, manaiki kuda sewaan, out bound, sampai menikmati air terjun.

Air Terjun Jedor

Air Terjun Jedor

Nama Air Terjun Jedor konon berasal dari nama seorang lurah, yaitu Lurah Jedor. Air terjun ini terletak sekitar 1 km di sebelah atas pemandian umum air panas pancuran 13. Air terjun Jedor memiliki ketinggian sekitar 15 m.

Seperti halnya pemandian air panas Guci, Air terjun Jedor juga sering ramai dikunjungi orang untuk ngalap atau mencari berkah. Kunjungan ritual mencapai puncaknya pada malam jumat kliwon. Konon kalau mandi pada tengah malam dengan memohon sesuatu, permohonan apapun akan dikabulkan.

Selain air terjun Jedor, di kawasan Guci ini masih ada beberapa air terjun lagi seperti Air Terjun Sruwit, Sigedong, Pengantaian, Kembar, Awu dan Capit Udang.

Air Terjun Air Hangat Kembar

Air Terjun Air Hangat Kembar

Melihat air terjun mungkin sudah biasa, dan dapat dijumpai di banyak tempat. Tapi bagaimana dengan air terjun yang airnya hangat??? Tentu tidak bisa dijumpai di semabarang tempat. Di sini terdapat air terjuan ber-air hangat. Dan hebatnya bukan hanya 1, tapi 2 air terjun yang lokasinya berdampingan. Mengingatkan pada air terjun pengantin, namun ini berbonus air hangat.
Letak Curug Kembar ini ada di dekat dengan Waterboom. Untuk mencapai lokasi, pengunjung mesti berjalan di jalanan menurun yang agak curam. Perlu sedikit kehati hatian karena jalan yang cukup licin. Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, pengunjung sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.
Suhu dari air yang ada di curug ini hangat. Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi pengunjung yang menyukai suasana yang hening. Yang terdengar hanyalah suara air terjun. Jika kabut turun, lokasi ini juga tidak lepas dari serbuan kabut. Sehingga pastikan mencari momen yang tepat atau cuaca yang bersahabat untuk mengunjungi Curug Kembar ini.

Permandian Air Panas Guci

Di wisata Guci tegal terdapat dua pemandian umum. Masing masing diberi nama Pancuran 13 dan Pancuran 7, sesuai jumlah pancuran yang ada.

Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran tersebut dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari sakit ringan seperti penyakit kulit, sampai penyakit serius seperti rematik. Banyak pula yang percaya, air panas dari Pancuran 13 dapat memberi tuah rezeki, jabatan, dan berbagai harapan lain bagi siapa saja yang mandi di bawahnya.

Water Bom Air Hangat Guci

Waterboom Guci

sebagaimana namanya, kekhasan yang ditonjolkan di sini adalah kolam air hangat. Banyak wisatawan memadati Guci untuk berendam agar badan kembali segar dan bugar. Air di sini tak terlalu panas, sehingga aman untuk kulit. Istimewanya, air hangat di Guci sama sekali tak berbau belerang.

Tak hanya bisa dipakai berendam, kolam di Guci juga menyediakan aneka permainan. Bahkan, permainan-permainan tersebut berada di tengah kolam. Seraya memanjakan diri di air hangat, pengunjung pun bisa bermain sepuasnya bersama keluarga.

Salah satu wahana tersedia di Pemandian Air Panas Guci adalah outbound. Berbeda dengan dengan tempat wisata lain, wahana ini justru diletakkan di tengah kolam. Ada panjat tebing mini, yang bisa dimainkan anak-anak maupun dewasa. Ada pula jaring laba-laba yang dapat dilintasi setelah menaiki panjat tebing. Permainan ini menantang pengunjung agar cermat melangkah jika tak mau tercebur ke kolam. Jalur outbound ini cukup panjang, dan ramai dicoba para pengunjung.

SEWA BUS PARIWISATA DAN PAKET WISATA
HUBUNGI SURYA TOUR & TRANS
TELPON/WA : 0877 8559 8639 , 0813 8227 0010

SURYA TOUR & TRANS
We Make Your Way Better

 



Leave a Reply

Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menelepon kami. Kami adalah tim dan kami senang berbicara dengan Anda.

0877 8559 8639
0813 8227 0010

info@suryatourtrans.com