Team kami siap menjawab pertanyaan anda.
0877 8559 8639, 0813 8227 0010 E-mail : info@suryatourtrans.com

Login

Daftar

Setelah membuat akun, Anda akan dapat melacak status pembayaran Anda, melacak konfirmasi dan Anda juga dapat menilai tur setelah Anda menyelesaikan tur.
Username*
Password*
Konfirmasi sandi*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
Telepon*
Negara*
* Membuat akun berarti Anda setuju dengan kami Ketentuan Layanan and Pernyataan Privasi.

Sudah Member?

Login
0877 8559 8639, 0813 8227 0010 E-mail : info@suryatourtrans.com

Login

Daftar

Setelah membuat akun, Anda akan dapat melacak status pembayaran Anda, melacak konfirmasi dan Anda juga dapat menilai tur setelah Anda menyelesaikan tur.
Username*
Password*
Konfirmasi sandi*
Nama Depan*
Nama Belakang*
Email*
Telepon*
Negara*
* Membuat akun berarti Anda setuju dengan kami Ketentuan Layanan and Pernyataan Privasi.

Sudah Member?

Login

Gerbang Surga di Bali

Pura Lempuyang Luhur salah satu obyek wisata di Bali, dan juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu, pura berlokasi wilayah bagian Timur pulau dewata tepatnya di Kabupaten Karangasem. Dalam peta wisata Bali, pura Lempuyang Luhur menjadi tujuan mendaki yang cukup menarik bagi wisatawan, terutama mereka yang menginap di wilayah Bali Timur seperti Amed, Tirtagangga dan Candidasa, karena lokasinya berdekatan.



Pura Lempuyang, yang secara lokal disebut Pura Lempuyang Luhur, adalah salah satu Pura tertua dan paling dihormati di Bali. Penghormatan  ini setara dengan Besakih, yang biasa disebut The mother temple of Bali. Mengenai usia dan kedudukan pura, kedua pura ini diyakini melebihi dari mayoritas pura lain di pulau Bali.

Pura Lempuyang Luhur merupakan target yang cocok dimasukkan dalam rencana perjalanan selama di pulau Bali. Pura lempuyang berposisi di puncak Gunung Lempuyang, di bagian Timur Pulau Bali. Pura lempuyang tepatnya berada pada ketinggian  1.175 m di atas permukaan laut.

Untuk mencapai pura lempuyang luhur, pengunjung  harus melalui tangga curam dengan lebih dari 1.700 anak tangga. Sepanjang perjalanan mandaki anak tangga, pengunjung (pemedek, dalam bahasa lokal) bisa berinteraksi dengan puluhan monyet. Monyet abu-abu berekor panjang ini mendiami hutan pegunungan yang sejuk di sekitarnya.

Untuk pengunjung yang tidak kuat mendaki ribuan anak tangga itu, tidak perlu kawatir kehilangan kesempatan menikmati keindahan. Mereka yang tidak naik ke puncak di Pura Lempuyang masih dapat menikmati pemandangan indah di pura Pura Penataran Agung yang megah di kaki gunung.

Saat mengunjungi Pura Lempuyang, pemandanganyang yang pertama kali terlihat adalah pemandangan yang mengesankan dari tangga bergaya arsitektur bali dengan naga di kedua sisi pegangan tangga. Pemandangan terbaik berada di atas tangga, di mana pengunjung dapat melihat jauh melintasi lereng berhutan hijau. Dari posisi ini Gunung Agung juga terlihat dengan jelas.

Lokasi Pura Lempuyang
Pura Lempuyang
Pura Lempuyang

Pura lempuyang berada di kecamatan abang, kabupaten Karangaem, bali. Posisi ini adalah ujung timur pulau bali. Lereng timur gunung lempuyang langsung jatuh di pantai timur Bali.

Rute dan Cara Menuju Pura Lempuyang

Jika berangkat dari kota Denpasar, Pura Lempuyang ini bisa dicapai melalui kawasan wisata Candi Dasa melewati kota Amlapura (ibukota Kabupaten Karangasem) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan motor.

Alternatif jalur lainnya adalah melalui Kecamatan Selat Karangasem, melalui kota Semarapura dengan mengambil arah jalan ke Besakih. Jarak yang jauh tidak menjadi sangat melelahkan ketika terbayar oleh hamparan bukit nan indah, air terjun hingga pantai sepanjang Jalan menuju Pura lempuyang.

Transportasi untuk mencapai Pura lempuyang hanya kendaraan pribadi. Tidak ada angkutan umum untuk mencapai lokasi ini. Pengunjung bisa menggunakan speda motor sewaan atau mobil sewaan. Kedua pilihan ini sangat mudah diperoleh di sekitaran Denpasar.

Fasilitas Pura Lempuyang

Fasilitas wisata di pura ini tidak begitu lengkap, karena lokasi ini memang tidak didesain sebagai lokasi wisata. Lokasi ini sepenuhnya didesain sebagai Pura tempat sembahyang. Di tambah dengan adanya aturan Daerah mengenai larangan pendirian akomodasi pariwisata dalam radius tertentu dari pura-pura besar, termasuk pura lempuyang.

Namun fasilitas dasar seperti toilet dan warung minuman ringan serta snack, tersedia di lokasi ini. Fasilitas itu diperuntukkan untuk pemedek (umat yang sembahyang) namun tentu saja juga bisa digunakan oleh wisatawan.

Spot Menarik Pura Lempuyang

Gates Of Heaven
Heaven Gate
Heaven Gate

Dan ketika waktu sore menjelang malam, pengunjung bisa menikmati keindahaan cahaya sunset yang berwarna keemasan, spot yang paling pas untuk berfoto adalah di gerbang atau candi Bentar yang ada di Pura Lempuyang tersebut. Saking indahnya candi tersebut dinamakan dengan Gates Of Heaven Bali.

Sejarah dan Legenda Pura Lempuyang

Mengacu pada Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul yang menyatakan bahwa Sang Hyang Parameswara membawa gunung-gunung yang ada di Bali dari jambudwipa yaitu di India ke Gunung Mahameru.

Potongan-potongan Gunung Mahameru tersebut dibawa ke Bali dan dipecah kembali menjadi tiga buah bagian besar, kemudian dipecah kembali menjadi bagian-bagian kecil. Bagian tengah menjadi Gunung Batur dan Rinjani sedangkan pada puncaknya menjadi Gunung Agung, yang dimana Gunung Agung sekarang ini adalah gunung tertinggi di Pulau Bali.

SEWA BUS PARIWISATA DAN PAKET WISATA
HUBUNGI SURYA TOUR & TRANS
TELPON/WA : 0877 8559 8639 , 0813 8227 0010

SURYA TOUR & TRANS
We Make Your Way Better

 



1 Response

Leave a Reply

Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menelepon kami. Kami adalah tim dan kami senang berbicara dengan Anda.

0877 8559 8639
0813 8227 0010

info@suryatourtrans.com